Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Unikom Jadi Tempat Penyelenggaraan PILMAPRES 2018 Tingkat Rayon VI Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Dan Banten

 
Unikom Jadi Tempat Penyelenggaraan PILMAPRES 2018 Tingkat Rayon VI Kopertis Wilayah IV Jawa Barat Dan Banten
Senin, 09/04/18 | 05:05 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Sejumlah 22 delegasi mahasiswa dari perguruan tinggi di Rayon VI Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten berkumpul di Universitas Komputer Indonesia (Unikom) guna mengikuti serangkaian tahap seleksi dalam rangka ‘Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tahun 2018’. Peserta yang hadir dari 22 perguruan tinggi termasuk salah satunya Unikom merupakan mahasiswa terbaik yang telah lolos seleksi Pilmapres di masing-masing universitas untuk selanjutnya berkompetisi di tingkat rayon.
 
Seleksi Pilmapres 2018 yang berlangsung di Ruang L.018 Smart Builidng Unikom, Selasa (3/4), secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra. Dalam sambutanya, Aelina mengungkapkan bahwa mahasiswa yang mengikuti Pilmapres 2018 saat ini, sebenarnya telah meraih prestasi dan pencapaian membanggakan karena masing-masing dari mereka berhasil mengungguli rekan-rekan satu almamaternya hingga terpilih untuk berkompetisi di tingkat yang lebih tinggi. “Selamat berjuang karena pada dasarnya anda semua yang hadir hari ini telah menciptakan prestasi menjadi mahasiswa terbaik dari universitasnya masing-masing ,” ujarnya.
 
Usai pembukaan, satu per satu mahasiswa menuju Ruang L.030 Smart Building Unikom untuk dilakukan penilaian secara individu oleh Tim Juri yang berasal dari Kopertis, antara lain: 1) Dr. Arifah Rosmayudi, S.IP.,M.Si; 2) Dr. Diah Kusumaastuti, M.Pd; 3) Dr. Chariawaty, M.Si; 4) Dr. Setia Muljanto; dan 5) Dr. Yusuf Abdullah, S.E.,M.M. Kelima juri tersebut melakukan penilaian berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan mengenai beberapa tahap yakni,  wawancara, presentasi dalam bahasa inggris, evaluasi karya ilmiah, prestasi studi, dan prestasi kompetisi regional/nasional/internasional yang pernah diraih oleh masing-masing peserta.
 
Peserta yang berasal dari berbagai bidang keilmuan, dengan antusias memperkenalkan diri dan menjelaskan karya tulis ilmiah yang telah dirancangnya sedemikian rupa. Pada pelaksanaan Pilmapres tahun ini, Unikom diwakili Iqbal Syahrul Siddiq yang berasal dari mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Unikom. Iqbal mengangkat tema tentang Sustainable Development Goal’s (SGD’s) yang merupakan target-target yang dihasilkan oleh PBB untuk memecahkan permasalahan dunia di berbagai bidang seperti keamanan, perdamaian, kesehatan, kesejahteraan, lingkungan hidup.
 
Iqbal merujuk pada topik ‘Polusi Udara’ sebagai permasalahan lingkungan hidup dunia dan pemecahan masalah tersebut melalui implementasi teknologi. Melalui presentasinya di hadapan juri, “Saya menjelaskan mengenai polusi udara yang mencakup definisi, penyebab, dampak, dan implementasi teknologi untuk menanggulangi polusi udara melalui Sistem Monitoring Polusi Udara Perkotaan,” ujarnya.
Pelaksanaan Pilmpares 2018 yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari, diakhiri pengumuman hasil penilaian yang dilakukan oleh tim juri. Berdasarkan kriteria tersebut, terpilih sepuluh mahasiswa berprestasi terbaik di tingkat Rayon VI, salah satunya dari Unikom untuk melanjutkan kompetisi di tingkat Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten yang akan berlangsung pada Selasa-Rabu 10-11 April 2018 di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV (Jl. Raya Jatinangor-Sumedang). “Saya berharap dapat melalui tahapan seleksi tingkat Kopertis Wilayah IV, untuk menjadi perwakilan Unikom pada Pilmapres tingkat Nasional,” tambah Iqbal.    
 
Mengenai Pilmapres sendiri adalah kompetisi kemahasiswaan yang dipelopori oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang rutin dilaksanakan setiap tahun, terhitung sejak 1986. Kompetisi ini dirintis dengan tujuan untuk memberikan apresiasi terhadap mahasiswa yang berkontribusi dalam kompetisi regional/nasional/internasional, serta untuk memacu motivasi mahasiswa dalam meningkatkan prestasinya. (Direktorat Hms & Pro)