Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Workshop Apt: Bangun Sinergitas Untuk Capai Akreditasi Maksimal

 
Workshop Apt: Bangun Sinergitas Untuk Capai Akreditasi Maksimal
Minggu, 25/03/18 | 21:46 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) ditunjuk oleh Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Bantensebagai tuan rumah penyelenggaraan Workshop Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) yang diikuti 85 peserta dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kota Bandung. Workshop selama satu hari penuh yang berlangsung di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, Rabu (14/3) dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman, AS.,M.Pd, yang memberikan sambutan sekaligus memaparkan materi terkait ‘Fungsi Akreditasi Bagi Kelangsungan Perguruan Tinggi’.
 
Menurut Uman, saat ini pihaknya bersama dengan Aptisi telah menetapkan langkah yang mengacu para prinsip sabilulungan sauyunan. “Kami tidak lagi berpikir bahwa akreditasi adalah kewajiban PTS, tetapi menjadi bagian dari kewajiban Kopertis dan Aptisi dimana PTS sebagai penyelenggara dan pengelola, sehingga dengan cara seperti ini diharapkan akreditasi institusi di wilayah Jawa Barat bisa mengalami peningkatan dari sisi kualitas,” ujarnya.
 
Dari total PTS di Jabar dan Banten yang mencapai angka 470 PTS, hanya 3 PTS yang sudah terakreditasi A, 38 PTS terakreditasi B, 132 PTS terakreditasi C, dan sisanya belum terakreditasi. Sehingga, PTS yang sudah terkareditasi wajib memberikan bantuan dan dorongan agar PTS yang belum terakreditasi tersebut dapat segera berakreditasi. “Sebagai awal informasi tentang akreditasi, maka setelah workshop ini akan ditentukan pendamping yang sudah disediakan oleh Aptisi dan Kopertis, paling tidak pendamping tersebut adalah PTS yang terakreditasi B,” jelas Uman. Adapun pengisian borang, akan didampingi oleh assessor nasional dengan harapan borang yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar akreditasi nasional.
 
Pembagian beberapa rayon yang dilakukan Kopertis Wilayah IV sebagai upaya pembenahan tidak hanya berlaku pada akreditasi, tetapi juga berlaku pada pemilihan mahasiswa berprestasi dan dosen berprestasi. Sehingga diharapkan seluruh PTS bisa berpartisipasi mengirimkan delegasi dari mahasiswa dan dosen yang berkompeten. Uman menambahkan, “Akreditasi bukan segalanya, tetapi merupakan muara dari upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi yang kita banggakan, kita cintai, yang selama ini memberikan nafas kehidupan kepada kita,” ucapnya.
 
Semangat dan dukungan kopertis, disambut baik oleh Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T. Bahwasannya, bila perguruan tinggi telah terakreditasi bahkan jika memungkikan bisa meraih predikat minimal baik, tentu memberikan kebanggaan kepada civitas akademikanya secara khusus dan kopertis di lingkungannya. Pendampingan PTS pun menjadi salah satu peluang untuk membangun sinergitas satu sama lain. “…jangan sungkan untuk bertanya kepada kolega-kolega supaya institusi pendidikan tinggi bisa semakin maju dan berkualitas,” ujar Rektor Unikom.
 
Selain memberikan arahan tentang fungsi akreditasi, Workshop APT juga menghadirkan beberapa pemateri lainnya yakni Paulus Tjang, Ph.D yang memaparkan materi tentang ‘Standar AIPT’ dan Thomas Anung Basuki, Ph.D dengan materi ‘Sistem Penjaminan Mutu Internal’. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan menjadi langkah awal yang baik bagi PTS di lingkungan Kopertis Wilayah IV khususnya Kota Bandung untuk meraih akreditasi yang terbaik bagi masing-masing institusinya. (Dirktorat Hms & Pro)