Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Sosialisasi Internasional Program Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unikom

 
Sosialisasi Internasional Program  Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unikom
Kamis, 08/02/18 | 07:02 WIB
BANDUNG, UNIKOM- Mengawali program kerja Tahun Akademik 2018/2019, Prodi Ilmu Komunikasi Unikom bekerja sama dengan Direktorat Internasional Program dan Beasiswa Unggulan mengadakan ‘Sosialisasi Internasional Program Unikom’ kepada ± 350 mahasiswa dari semester tiga dan lima. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Miracle Unikom, Senin (29/1) pukul 10.00 WIB menghadirkan Direktur Internasional Program dan Beasiswa Unggulan Unikom, Dr. Inta Budi Setya Nusa, SE.,M.Ak, untuk menginformasikan berbagai program kerjasama yang terjalin antara Unikom dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.
 
Menurut Inta Budi, sejak tahun 2010 Unikom telah menjalankan internasional program melalui kerjasama dengan banyak perguruan tinggi lintas negara, diantaranya Korea, Jepang, Taiwan, Polandia, Australia, Malaysia, hingga Amerika. Namun, berkenaan diskusi yang baru saja dilaksanakan minggu lalu antara Unikom dan Dong A University Korea yang turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs.,MA, maka sosialisasi kali ini lebih memfokuskan pada program yang ditawarkan perguruan tinggi di Korea, yakni Dong A University dan Youngsan University.
 
Melalui pemaparannya, Inta Budi menjelaskan sedikitnya ada tiga program yang bisa dimanfaatkan mahasiswa Unikom untuk memperoleh pengalaman studi di Korea, antara lain: 1) Double Degree; 2) Join Degree; 3) Trasfer Kredit atau Exchange Program. “Program double degreeyaitu kuliah dua tahun di Unikom dan dua sampai dua setengah tahun di Korea dengan program keilmuan yang dipelajarinya berbeda atau lintas keilmuan, sedangkan join degree untuk waktunya hampir sama dengan double degree tetapi program yang dipelajarinya masih linier dengan keilmuan di Unikom, adapun transfer kredit hanya satu tahun sekaligus mempelajari bahasa Korea,” ujar Inta Budi.
 
Beliau menambahkan bahwa masa kuliah satu tahun di Korea hanya berjalan efektif selama tujuh bulan, sehingga lima bulan yang tersisa bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk melakukan magang atau part time job, baik yang sesuai dengan keilmuan ataupun lintas keilmuan dengan catatan mahasiwa tersebut menguasai bahasa Korea. Guna menunjang kebutuhan tersebut, Unikom telah memfasilitasinya melalui pusat studi bahasa Korea dimana tutornya adalah orang asli Korea dibantu dosen dan staf Unikom yang telah menguasai TOPIK diatas lima.
 
Mewakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, yang berhalangan hadir dalam kesempatan tersebut, Inta Budi melengkapi pemaparannya dengan menginformasikan program magang selama satu bulan di Universiti Utara Malaysia (UUM) dan Universiti Malaysia Terengganu (UMT) yang akan berlangsung pada 13 Maret-10 April 2018. Melalui sosialisasi tersebut, Dr. Rismawaty, M.Si selaku Ketua Prodi Ilmu Komunikasi mengharapkan agar mahasiswanya memiliki motivasi dan tergugah untuk mencari pengalaman dan pengetahuan baru melalui internasional program tersebut, sehingga kompetensi dan karakter mahasiswa ketika lulus nanti bisa memiliki keunggulan lain yang bermanfaat di masa yang akan datang. (Direktorat Hms & Pro)