Tentang Berita
Hasil Ujian PMB Rekap Pendaftar
Nilai Online Autodebet

Membangun Kader Kompeten Menuju Hima Ilmu Komunikasi Lebih Baik

 
Membangun Kader Kompeten Menuju Hima Ilmu Komunikasi Lebih Baik
Selasa, 30/01/18 | 10:06 WIB

BANDUNG, UNIKOM- Mengawali periode kepengurusan tahun 2017/2018, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Hima IK) Unikom menggelar ‘Latihan Dasar Kepemimpinan’ di Perkemahan Kayu Bengkok Gn. Putri, Cikole, Lembang, pada 19-20 Januari 2018. Kegiatan bertajuk ‘Asta Brata’ yang diikuti oleh 65 peserta, merupakan agenda rutin tahunan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan serta meningkatkan sense of belonging dan solidaritas dari setiap anggota.

Mengacu pada tema yang dipilih, Imansyah HidayatHidayat selaku Ketua Hima IK Periode 2017/2018 menyebutkan bahwa tema tersebut merupakan salah satu ajaran kepemimpinan Hindu (India) yang banyak dikenal di tanah jawa, mengenai delapan ajaran utama tentang kepemimpinan, diantaranya: 1) Air (Tirta); 2) Bintang (Kartika); 3) Matahari (Surya); 4) Rembulan (Candra); 5) Angin (Samirana); 6) Bumi (Kisma); 7) Laut (Baruna); dan 8) Api (Agni). Imansyah menambahkan, keseriusan Hima IK dalam pelaksanaan leadership ini merupakan bagian dari upaya untuk menentukan kader potensial dan kompeten yang bisa masuk dalam kepengurusan Hima IK. “…mulai tahun ini Hima IK menerapkan sistem perekrutan anggota melalui proses kaderisasi, sehingga kegiatan leadership menjadi acuan penting kami untuk melihat seberapa besar potensi yang dimiliki mahasiswa agar bisa menjadi bagian dari kepengurusan Hima IK Unikom,” jelasnya.

Selama berlangsungnya ‘Latihan Dasar Kepemimpinan’, para peserta mampu mengikuti serangkaian kegiatan dengan baik mulai dari permainan yang membutuhkan kerjasama, diskusi terkait materi kepemimpinan dan organisasi, hingga agenda inti yaitu sumpah jabatan yang dapat terlaksana dengan khusu dan sakral. Selain anggota kaderisasi, kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Dr. Rismawaty, M.Si, Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi juga sebagai Dosen Pembina Kemahasiswaan Hima IK, Olih Solihin, S.Sos.,M.I.Kom, serta perwakilan Dosen dan Alumni (demisioner) di lingkungan Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom. “…jika dibandingkan dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, kali ini antusiasme para alumni dan demisioner yang terlibat cukup tinggi, bahkan saat cuaca ekstrim seperti badai angin disertai hujan yang menerpa kami, tidak menyurutkan semangat untuk mensukseskan kegiatan ini,” tambah Mansyah, sapaan akrabnya.

Mewakili Hima IK Unikom, Mansyah memaknai bahwa menjadi pemimpin adalah fitrahnya manusia dan orientasi utama manusia itu diciptakan. Sehingga hal yang perlu digarisbawahi adalah cara mengembangkan jiwa kepemimpinan tersebut, baik memimpin diri sendiri, orang lain, kelompok atau organisasi. “…semoga dengan adanya kegiatan leadership ini, para anggota kaderisasi Hima IK dapat mengembangkan jiwa kepemimpinannya, merubah paradigma dan memanifestasikan semua ide, konsep, gagasan mereka, melatih inisiatif dan kepekaan, serta memperkuat satu rasa sama rasa setiap individu agar dapat bersinergi dalam setiap peranannya, yang kedepannya semua itu akan diaplikasikan dalam berorganisasi dan keseharian mereka,” pungkas Mansyah. (Direktorat Hms & Pro)